Lab Pengujian Ubin Keramik

lab pengujian ubin keramik

Butuh Pengujian Ubin Keramik lebih cepat untuk mendapatkan SPPT SNI? Lab Pengujian Ubin Keramik PT. VERTEX Global Indonesia kini siap membantu untuk Pengujian Ubin Lantai, Ubin Dinding, dan Ubin Granito.

Ubin Keramik yang beredar di Indonesia saat ini WAJIB Lulus Uji di Laboratorium Uji Ubin Keramik untuk 8 (delapan) Parameter Pengujian  agar dapat mencantumkan label atau logo SNI.

Ubin Keramik telah menjadi komoditi yang diwajibkan penerapan SNI-nya oleh Kementrian Perindustrian melalui Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 01/M-IND/PER/1/2016 merevisi peraturan sebelumnya nomor 81/M-IND/PER/9/2015.

Definisi Ubin Keramik

Ubin Keramik didefinisikan sebagai suatu lempeng tipis yang terbuat dari  tanah liat dan/atau material anorganik lain. Berdasarkan proses pembentukannya Ubin Keramik diklasifikasikan sebagai Ubin Ekstrusi(A), Ubin Press Kering (B), dan Ubin yang dengan proses lain(C).  Berdasarkan lapisan permukaannya terdapat Ubin Berglasir dan Ubin Tak Berglasir. Ubin Keramik juga dikelompokkan berdasarkan tingkat penyerapan airnya, yaitu Ubin Keramik dengan tingkat penyerapan air tinggi, sedang, dan rendah.

Pengujian Ubin Keramik

Sesuai Peraturan Direktur Jenderal Basis Industri Nomor 13/BIM/PER/10/2012 tentang Petunjuk Teknis (Juknis) Pelaksanaan Pemberlakukan dan Pengawasan Penerapan SNI Ubin Keramik Secara Wajib, tidak semua parameter pengujian diwajibkan untuk dilakukan pengujiannya.

Di Juknis menyebutkan bahwa hanya 8 (delapan) parameter yang WAJIB Penerapannya, yakni : Dimensi dan Mutu Permukaan, Kuat Patah dan Modulus Lentur, Penyerapan Air, Deep Abrasi, Surface Abrasi, Ketahanan Retak Glasir, Ketahanan terhadap Bahan Kimia, Ketahanan terhadap Noda.

Juknis juga menguraikan tentang Metode Pengambilan Contoh, termasuk jumlah contoh yang dibutuhkan untuk Pengujian Ubin Keramik sesuai dengan parameter yang diwajibkan.

Kualitas Ubin Keramik

Parameter Pengujian wajib tersebut merupakan indikator kualitas Ubin Keramik yang dibutuhkan oleh konsumen. Dimensi dan Mutu Permukaan erat kaitannya dengan kerapihan dan keindahan Ubin Keramik setelah terpasang pada lantai atau dinding. Kuat Patah dan Modulus Lentur menunjukkan kekuatan terhadap beban yang akan diterima selama Ubin Keramik digunakan. Selaras dengan tingkatannya, tingkat penyerapan air sangat berpengaruh terhadap daya serap Ubin terhadap air, sesuai dengan lingkungan penggunaan Ubin oleh konsumen.

Kelas Abrasi suatu Ubin Keramik Berglasir/Tak Berglasir menunjukkan Ketahanan Abrasi (gesekan) Ubin selama penggunaan normal. Semakin tinggi kelasnya makin lama Ubin menunjukkan bekas-bekas abrasi pada permukaannya.

Ketahanan Permukaan Ubin Keramik Berglasir terhadap perubahan tekanan dan temperatur yang dipengaruhi iklim, disimulasikan dengan Pengujian Ketahanan Retak Glasir. Sedangkan Pengujian Ketahanan terhadap Noda dan Kimia mensimulasikan dampak pada permukaan Ubin ketika terjadi tumpahan noda (yang berasal dari makanan atau minuman) dan bahan kimia (yang berasal dari cairan pembersih lantai dan sejenisnya, sesuai lingkungan penggunaan ubin) di permukaan Ubin.

Pemberlakuan WAJIb SNI dengan memenuhi 8 Parameter Pengujian Ubin Keramik ini bertujuan untuk melindungi produsen, konsumen, pasar dalam negeri, seiring dengan membanjirnya produk impor yang semakin massif, baik untuk melapisi lantai maupun dinding.

Lab VERTEX Global Indonesia hadir sebagai solusi atas pemberlakuan WAJIB SNI Ubin Keramik. Menjadi satu-satunya Lab Pengujian Ubin Keramik milik swasta di Indonesia dengan peralatan modern nan  canggih kami dengan senang hati akan melayani kebutuhan Anda. Bila ada hal yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk segera saja menyampaikannya pada kami melalui telepon (021) 2921 5868 atau klik Kontak Form sekarang.