Pendaftaran/Registrasi K3L ke Kemendag

Pendaftaran atau Registrasi Produk K3L ke Kementerian Perdagangan (Kemendag) perlu menyertakan Lembar Hasil Uji (LHU) dari Laboratorium Pengujian yang kompeten seperti Lab VERTEX Global Indonesia terkait Pengujian Produk K3L.

Pengertian sederhananya begini, suatu produk K3L baru bisa didaftarakan ke Kemendag setelah produk tersebut diuji di laboratorium K3L dan mendapatkan Lembar Hasil Uji yang menyatakan bahwa produk tersebut lulus.


pendaftaran k3l kemendag


Setelah mendapatkan Lembar Hasil Uji atau LHU, barulah kemudian produk tersebut dapat didaftarkan. Pendaftaran produk dilakukan dengan terbitnya registrasi produk/barang K3L ( keamanan, keselamatan, kesehatan dan lingkungan hidup) berupa nomor tanda pendaftaran.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menerapkan peraturan yang mengatur tata cara pengujian, pendaftaran, pengawasan dan penghentian kegiatan perdagangan serta penarikan barang terkait keamanan, keselamatan, kesehatan dan lingkungan hidup (K3L).

Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 18 Tahun 2019 tentang Metode Pengujian, Tata Cara Pendaftaran, Pengawasan, Penghentian Kegiatan Perdagangan dan Penarikan Barang Terkait dengan K3L (Keamanan, Keselamatan, Kesehatan, dan Lingkungan Hidup) diberlakukan sejak 14 Agustus 2019. Peraturan ini merupakan tindak lanjut Pasal 12 Peraturan Presiden No. 63 Tahun 2018 sebagai upaya perlindungan terhadap konsumen.

Pada Peraturan Presiden telah ditetapkan produk K3L yang Wajib Didaftarkan sebanyak 22 jenis barang elektronika dan listrik. Terhadap jenis barang yang dimaksud, acuan parameternya berdasarkan pada adanya bahaya kebocoran arus dan perlindungan untuk bagian aktif yang dapat disentuh oleh pengguna atau konsumen.

Adapun 20 produk/barang yang mengandung bahan kimia berbahaya, acuan parameternya berdasarkan pada kandungan bahan kimia berbahaya bagi pemakai/konsumen.

Produk-produk K3L harus diuji dengan metode uji sesuai standard dan ketentuan yang telah ditetapkan untuk stiap jenis barang/produk.

Syarat Pendaftaran atau Registrasi K3L ke Kementerian Perdagangan (Kemendag) selain menyertakan Lembar Hasil Uji (LHU) dari Lab, diperlukan dokumen legalitas perusahaan seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), Izin Usaha Industri (IUI) bagi produsen atau Izin Usaha Perdagangan bagi importir. Juga menyertakan Self Declaration of Conformity (Pernyataan Mandiri). Berlaku untuk 5 (lima) tahun. Para pelaku usaha wajib mendaftarkan atau meregistrasi ulang produknya setiap 5 (lima) tahun ketika masa berlakunya habis.